CHECKLIST PERSIAPAN
PENCEMARAN LINGKUNGAN?????? UIIIIIIIIIIHHHHH MENGERIKAN DECH !
Berilah tanda centang ( √ ) pada kolom yang sesuai
dengan persiapan siswa!
No
|
Uraian
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Menyiapkan lembar observasi
|
|
|
2
|
Menyiapkan daftar pertanyaan
|
|
|
3
|
Meyiapkan alat perekam / HP
|
|
|
4
|
Membaca panduan wawancara dan observasi
|
|
|
5
|
Menyiapkan kamera
|
|
|
6
|
Menyiapkam laptop
|
|
|
7
|
Merencanakan tempat kegiatan
|
|
|
8
|
Merencanakan waktu kegiatan
|
|
|
Pertanyaan :
1. Bagaimana
supaya kita dapat hidup sehat?
2. Faktor
apa saja yang mempengaruhi kesehatan manusia ?
3. Apakah
lingkungan tempat tinggal kita juga mempengaruhi kesehatan ? Jelaskan !
4. Apakah
yang dimaksud dengan pencemaran ?
5. Bedakan
lingkungan alami dengan lingkungan yang tercemar !
6. Ada
berapa macam pencemaran itu ? Sebutkan !
7. Bagaimana
dampak negatif pencemaran lingkungan terhadap kesehatan ?
Kemungkinan Jawaban :
1. Makan
makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, berolahraga, jauh dari sumber
penyakit, menggunakan air bersih dalam kehidupan sehari-hari, refresing, tidak
makan makanan yang banyak mengandung bahan kimia terlarang.
2. Makanan,
lingkungan tempat tinggal, pikiran, gaya hidup, pola hidup
3. Ya.
Karena lingkungan yang tidak bersih akan menjadi sumber penyakit.
4. Pencemaran
adalah adanya bahan-bahan polutan di luar ambang batas, segala sesuatu yang
membuat lingkungan menjadi tidak enak.
5. Lingkungan
alami adalah lingkungan yang masih asli, belum tercemar olh bahan-bahan
pencemar, lingkungan yang masih bersih.
6. Macam
pencemaran ada 4, yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, dan
pencemaran suara.
7. Dampak
negative pencemaran lingkungan terhadap kesehatan adalah menyebabkan sakit
saluran pencernaaan, saluran pernafasan, kulit, diare, muntaber, malaria,
disentri.
LEMBAR PENGAMATANGURU
PENCEMARAN
LINGKUNGAN??????
UIIIIIIIIIIHHHHH
MENGERIKAN DECH !
A.
Lembar Pengamatan pada saat studi pustaka
No.
|
Kelompok
|
Jumlah score
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Rubrik pengamatan pada saat
studi pustaka
No
|
Kegiatan Penelusuran
Pustaka
|
Score
|
1
|
Membuat daftar masalah yang ingin diketahui
|
10
|
2
|
Mencari buku/sumber yang sesuai
|
10
|
3
|
Membaca buku/sumber dan mencatat hal-hal
yang penting
|
10
|
4
|
Mencatat seluruh buku yang menjadi rujukan
|
10
|
5
|
Mencari informasi melalui internet
|
10
|
6
|
Membuat folder
khusus untuk tiap masalah
|
10
|
7
|
Menggunakan
mesin pencari untuk mendapatkan jawaban masalah
|
10
|
8
|
Menyimpan semua informasi yang sesuai di
folder
|
10
|
9
|
Membuat kesimpulan dari informasi yang diperoleh
|
10
|
10
|
Mencatat seluruh alamat situs yang memuat
informasi yang dibutuhkan
|
10
|
|
Jumlah score
|
100
|
B.
Lembar
Pengamatan pada saat observasi
Beri tanda
centang (√) pada kolom
yang sesuai!
No./Nama
Kelompok :……………………………………….
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Ketepatan pembagian tugas dalam kelompok
|
|
|
2
|
Kerjasama yang kompak
|
|
|
3
|
Kesopanan dalam melakukan pengamatan
|
|
|
4
|
Kesungguhan dalam pengamatan
|
|
|
5
|
Ketelitian dalam pengamatan
|
|
|
6
|
Komunikasi yang baik dalam kelompok
|
|
|
7
|
Catatan hasil pengamatan
|
|
|
8
|
Tanggung jawab yang baik
|
|
|
9
|
Ketepatan dalam menggunakan alat
|
|
|
10
|
Semua komponen teramati
|
|
|
C. Lembar pengamatan Wawancara
Beri tanda
centang (√) pada kolom
yang sesuai!
No./Nama Kelompok :………………………………………
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Ketepatan pembagian tugas dalam kelompok
|
|
|
2
|
Kerjasama yang kompak
|
|
|
3
|
Kesopanan dalam melakukan wawancara
|
|
|
4
|
Kesungguhan dalam melakukan wawancara
|
|
|
5
|
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
6
|
Komunikasi yang baik dalam kelompok
|
|
|
7
|
Catatan hasil wawancara
|
|
|
8
|
Tanggung jawab yang baik
|
|
|
9
|
Ketepatan dalam menggunakan alat
|
|
|
10
|
Semua pertanyaan tersampaikan pada responden
|
|
|
No.
|
Kelompok
|
Jumlah
score
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Rubrik pengamatan diskusi :
No.
|
Aspek yang dinilai dalam diskusi
|
SCORE
|
1
|
Mengetahui masalah yang akan didiskusikan
|
20
|
2
|
Mempersiapkan
bahan-bahan diskusi
|
20
|
3
|
Aktif memberikan
pendapat dalam diskusi
|
20
|
4
|
Memperhatikan dan menghargai setiap pendapat yang
disampaikan peserta diskusi
|
20
|
5
|
Mencatat hasil diskusi
|
20
|
PENCEMARAN LINGKUNGAN ??? UIIIIIIIIH MENGERIKAN DECH!
A.
RUBRIK
PENILAIAN DISKUSI KELAS
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Nilai
|
Isi
|
Diskusi tentang:
·
Identifikasi macam sampah.
·
Memprediksi jumlah sampah yang dibuang setiap
harinya
|
Diskusi tentang:
·
Identifikasi macam sampah.
·
Memprediksi jumlah sampah yang dibuang setiap
harinya
|
Diskusi tentang:
·
Identifikasi macam sampah.
·
Memprediksi jumlah sampah yang dibuang setiap
harinya
|
Diskusi tentang:
·
Identifikasi macam sampah.
·
Memprediksi jumlah sampah yang dibuang setiap
harinya
|
|
Keaktifan siswa
|
·
Pada waktu diskusi selalu berperan aktif untuk memberikan umpan balik, menyumbangkan
ide, ikut memecahkan masalah
|
·
Pada waktu diskusi kadang-kadang berperan aktif untuk memberikan umpan balik,
menyumbangkan ide, ikut memecahkan masalah
|
·
Pada waktu diskusi jarang berperan aktif untuk memberikan umpan balik, menyumbangkan
ide, ikut memecahkan masalah
|
·
Pada waktu diskusi tidak pernah berperan aktif untuk memberikan umpan balik,
menyumbangkan ide, ikut memecahkan masalah
|
|
Keleng
kapan
|
·
Dalam diskusi, terdapat Ketua,
notulis/pencatat hasil diskusi,anggota,
|
·
Dalam diskusi, terdapat ketua ,
notulis/pencatat hasil
|
·
Dalam diskusi, terdapat ketua, anggota, bahan
untuk diskusi dan peralatan
|
·
Dalam diskusi, terdapat, anggota, bahan untuk
diskusi
|
|
No
|
Kelompok
|
Nilai
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
RUBRIK PENGAMATAN PRESENTASI
Penilaian
Presentasi Siswa
Beri
tanda (√) pada kolom yang sesuai!
No.
|
Isi
|
Amat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Notes
|
1
|
Siswa secara jelas menerangkan tentang pencemaran
lingkungan
|
|
|
|
|
2
|
Siswa secara jelas menerangkan macam-macam pencemaran
lingkungan
|
|
|
|
|
3
|
Siswa secara jelas menerangkan sumber-sumber bahan
pencemar
|
|
|
|
|
4
|
Siswa secara jelas menerangkan akibat dari pecemaran
lingkungan
|
|
|
|
|
5
|
Siswa memberikan penjelasan yang benar tentang
bagaimana upaya pencegahan pencegahan pencemaran lingkungan
|
|
|
|
|
|
Presentasi
|
|
|
|
|
6
|
Siswa berbicara secara jelas dan pelan selama
presentasi.
|
|
|
|
|
7
|
Siswa mempresentasikan dengan penuh percaya diri.
|
|
|
|
|
8
|
Siswa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
9
|
Siswa menjawab pertanyaan dan memberikan solusi yang
tepat.
|
|
|
|
|
10
|
Slide terorganisir dengan baik dan memberikan informasi
akurat.
|
|
|
|
|
11
|
Layout slide menarik dan mendukung isi
|
|
|
|
|
12
|
Tambahan suara/gambar/video yang sesuai dengan isi
|
|
|
|
|
|
Penulisan
|
|
|
|
|
13
|
Siswa menulis kalimat secara lengkap.
|
|
|
|
|
14
|
Siswa menyertakan huruf besar dan tanda baca secara
tepat.
|
|
|
|
|
15
|
Siswa menggunakan paling tidak 2 sumber untuk mencari
informasi.
|
|
|
|
|
16
|
Siswa menyertakan daftar pustaka
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN POSTER
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Nilai
|
Isi
|
Isi poster memuat secara lengkap dan jelas
tentang hasil penelitian, gagasan-gagasan kreatif, ide-ide cemerlang,
pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan
|
Isi poster memuat
hasil penelitian, gagasan-gagasan kreatif,
ide-ide cemerlang, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran
lingkungan
|
Isi poster memuat
hasil penelitian, gagasan-gagasan, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi
pencemaran lingkungan
|
Isi poster tidak
lengkap hanya memuat hasil penelitian, tentang upaya-upaya mengatasi
pencemaran lingkungan
|
|
Bahasa
|
Poster memiliki bahasa yang menarik,
motivatif, inspiratif, dan
mudah dipahami oleh pembaca
|
Poster memiliki bahasa yang menarik,
motivatif, dan mudah dipahami oleh pembaca
|
Poster memiliki bahasa yang mudahdipahami
oleh pembaca
|
Poster menggunakan bahasa wajar/biasa, sulit dipahami oleh pembaca
|
|
Layout
|
Poster mempunyai tata letak yang tepat,
menarik,kreatif, tidak ada kesalahan ejaan penulisan dan tidak
membosankan
|
Poster mempunyai tata letak yang tepat,
menarik, tidak ada kesalahan ejaan penulisan dan tidak membosankan
|
Poster mempunyai tata letak yang tepat,
tidak ada kesalahan ejaan penulisan dan tidak membosankan
|
Poster mempunyai tata letak yang kurang
tepat, banyak kesalahan ejaan penulisan dan membosankan
|
|
Ilustrasi
|
Poster mempunyai gambar ilustrasi yang tepat dengan isi/konteks, menarik.
|
Poster mempunyai gambar ilustrasi yang tepat dengan isi/konteks, kurang
menarik.
|
Poster mempunyai gambar ilustrasi yang kurang tepat dengan isi/konteks, menarik.
|
Poster mempunyai gambar ilustrasi yang kurang tepat dengan isi/konteks, kurang menarik.
|
|
RUBRIK PENILAIAN MEDIA POWER POINT
No. / Nama kelompok : …………………………………………………….
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Nilai
|
Isi
|
Isi power point memuat secara lengkap dan jelas tentang hasil
penelitian, gagasan-gagasan kreatif,
ide-ide cemerlang, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran
lingkungan
|
Isi power point memuat hasil penelitian, gagasan-gagasan kreatif, ide-ide cemerlang, pendapat tentang upaya-upaya
mengatasi pencemaran lingkungan
|
Isi power point memuat hasil penelitian, gagasan-gagasan, pendapat tentang
upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan
|
Isi power point tidak lengkap hanya memuat hasil penelitian, tentang upaya-upaya
mengatasi pencemaran lingkungan
|
|
Bahasa
|
Power point memiliki bahasa yang menarik,
motivatif, inspiratif, dan mudah dipahami oleh pembaca
|
Power point memiliki bahasa yang menarik,
motivatif, dan mudah dipahami oleh pembaca
|
Power point memiliki bahasa yang mudah
dipahami oleh pembaca
|
Power point menggunakan bahasa wajar/biasa,
sulit dipahami oleh pembaca
|
|
Layout
|
Power point mempunyai tata letak yang tepat, menarik, kreatif, tidak ada kesalahan penulisan ejaan dan
tidak membosankan
|
Power point mempunyai tata letak yang tepat, menarik, tidak ada kesalahan penulisan ejaan dan tidak membosankan
|
Power point mempunyai tata letak yang tepat, tidak ada kesalahan penulisan ejaan dan tidak membosankan
|
Power point mempunyai tata letak yang
kurang tepat, banyak kesalahan penulisan ejaan dan membosankan
|
|
Ilustrasi
|
Power point mempunyai gambar ilustrasi yang tepat dengan isi/konteks, menarik.
|
Power point mempunyai gambar ilustrasi yang tepat dengan isi/konteks, kurang
menarik.
|
Power point mempunyai gambar ilustrasi yang kurang tepat dengan isi/konteks, menarik.
|
Power point mempunyai gambar ilustrasi yang kurang tepat dengan isi/konteks, kurang menarik.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar