Rabu, 25 April 2012

Penilaian


CHECKLIST PERSIAPAN
PENCEMARAN LINGKUNGAN?????? UIIIIIIIIIIHHHHH MENGERIKAN DECH !
Berilah  tanda centang ( √ ) pada kolom yang sesuai dengan persiapan siswa!
No
Uraian
Ya
Tidak
1
Menyiapkan  lembar observasi


2
Menyiapkan daftar  pertanyaan


3
Meyiapkan alat perekam / HP


4
Membaca panduan wawancara dan observasi


5
Menyiapkan kamera


6
Menyiapkam laptop


7
Merencanakan tempat kegiatan


8
Merencanakan waktu kegiatan




 SOAL BRAINSTORMING
Pertanyaan :
1.       Bagaimana supaya kita dapat hidup sehat?
2.       Faktor apa saja yang mempengaruhi kesehatan manusia ?
3.       Apakah lingkungan tempat tinggal kita juga mempengaruhi kesehatan ? Jelaskan !
4.       Apakah yang dimaksud dengan pencemaran ?
5.       Bedakan lingkungan alami dengan lingkungan yang tercemar !
6.       Ada berapa macam pencemaran itu ? Sebutkan !
7.       Bagaimana dampak negatif pencemaran lingkungan terhadap kesehatan ?
Kemungkinan Jawaban :
1.       Makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, berolahraga, jauh dari sumber penyakit, menggunakan air bersih dalam kehidupan sehari-hari, refresing, tidak makan makanan yang banyak mengandung bahan kimia terlarang.
2.       Makanan, lingkungan tempat tinggal, pikiran, gaya hidup, pola hidup
3.       Ya. Karena lingkungan yang tidak bersih akan menjadi sumber penyakit.
4.       Pencemaran adalah adanya bahan-bahan polutan di luar ambang batas, segala sesuatu yang membuat lingkungan menjadi tidak enak.
5.       Lingkungan alami adalah lingkungan yang masih asli, belum tercemar olh bahan-bahan pencemar, lingkungan yang masih bersih.
6.       Macam pencemaran ada 4, yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran suara.
7.       Dampak negative pencemaran lingkungan terhadap kesehatan adalah menyebabkan sakit saluran pencernaaan, saluran pernafasan, kulit, diare, muntaber, malaria, disentri.   

LEMBAR PENGAMATANGURU
PENCEMARAN LINGKUNGAN??????
UIIIIIIIIIIHHHHH MENGERIKAN DECH !

A.     Lembar Pengamatan pada saat studi pustaka
No.
Kelompok
Jumlah score
1


2


3


4


5




                  Rubrik pengamatan pada saat studi pustaka
No
Kegiatan Penelusuran Pustaka
Score
1
Membuat daftar masalah yang ingin diketahui
10
2
Mencari buku/sumber yang sesuai
10
3
Membaca buku/sumber dan mencatat hal-hal yang penting
10
4
Mencatat seluruh buku yang menjadi rujukan
10
5
Mencari informasi melalui internet
10
6
Membuat folder khusus untuk tiap masalah
10
7
Menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan jawaban masalah
10
8
Menyimpan semua informasi yang sesuai di folder
10
9
Membuat kesimpulan dari informasi yang diperoleh
10
10
Mencatat seluruh alamat situs yang memuat informasi yang dibutuhkan
10

Jumlah score
100

B.      Lembar Pengamatan pada saat observasi

Beri tanda centang () pada kolom yang sesuai!
No./Nama Kelompok :……………………………………….
No.
Aspek Penilaian
Ya
Tidak
1
Ketepatan pembagian tugas dalam kelompok


2
Kerjasama yang kompak


3
Kesopanan dalam melakukan pengamatan


4
Kesungguhan dalam pengamatan


5
Ketelitian dalam pengamatan


6
Komunikasi yang baik dalam kelompok


7
Catatan hasil pengamatan


8
Tanggung jawab yang baik


9
Ketepatan dalam menggunakan alat


10
Semua komponen teramati




C.      Lembar pengamatan Wawancara
Beri tanda centang () pada kolom yang sesuai!
No./Nama Kelompok :………………………………………
No.
Aspek Penilaian
Ya
Tidak
1
Ketepatan pembagian tugas dalam kelompok


2
Kerjasama yang kompak


3
Kesopanan dalam melakukan wawancara


4
Kesungguhan dalam melakukan wawancara


5
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar


6
Komunikasi yang baik dalam kelompok


7
Catatan hasil wawancara


8
Tanggung jawab yang baik


9
Ketepatan dalam menggunakan alat


10
Semua pertanyaan tersampaikan pada responden




D.     Lembar pengamatan diskusi kelompok
No.
Kelompok
Jumlah score
1


2


3


4


5



                    Rubrik pengamatan diskusi :
No.
Aspek yang dinilai dalam diskusi
SCORE
1
Mengetahui  masalah yang akan didiskusikan
20
2
Mempersiapkan bahan-bahan diskusi
20
3
Aktif memberikan pendapat dalam diskusi
20
4
Memperhatikan dan menghargai setiap pendapat yang disampaikan peserta diskusi
20
5
Mencatat hasil diskusi
20


PENCEMARAN LINGKUNGAN ??? UIIIIIIIIH MENGERIKAN DECH!
A.      RUBRIK PENILAIAN DISKUSI KELAS

4
3
2
1
Nilai
Isi
Diskusi tentang:
·    Identifikasi macam sampah.
·    Memprediksi jumlah sampah yang dibuang setiap harinya
Diskusi tentang:
·      Identifikasi macam sampah.
·      Memprediksi jumlah sampah yang dibuang setiap harinya
Diskusi tentang:
·   Identifikasi macam sampah.
·   Memprediksi jumlah sampah yang dibuang setiap harinya
Diskusi tentang:
·      Identifikasi macam sampah.
·     Memprediksi jumlah sampah yang dibuang setiap harinya

Keaktifan siswa
·     Pada waktu diskusi selalu berperan aktif untuk memberikan umpan balik, menyumbangkan ide, ikut memecahkan masalah
·      Pada waktu diskusi kadang-kadang berperan aktif untuk memberikan umpan balik, menyumbangkan ide, ikut memecahkan masalah
·   Pada waktu diskusi jarang berperan aktif untuk memberikan umpan balik, menyumbangkan ide, ikut memecahkan masalah
·     Pada waktu diskusi tidak pernah berperan aktif untuk memberikan umpan balik, menyumbangkan ide, ikut memecahkan masalah

Keleng kapan
·     Dalam diskusi, terdapat Ketua, notulis/pencatat hasil diskusi,anggota,
·      Dalam diskusi, terdapat ketua , notulis/pencatat hasil
·   Dalam diskusi, terdapat ketua, anggota, bahan untuk diskusi dan peralatan
·      Dalam diskusi, terdapat, anggota, bahan untuk diskusi


B.      LEMBAR PENGAMATAN GURU
No
Kelompok
Nilai
1


2


3


4


5



 RUBRIK PENGAMATAN PRESENTASI
Penilaian Presentasi Siswa
Beri tanda (√) pada kolom yang sesuai!
No./ Nama kelompok : …………………………………..
No.
Isi
Amat Baik
Baik
Cukup
Notes
1
Siswa secara jelas menerangkan tentang pencemaran lingkungan




2
Siswa secara jelas menerangkan macam-macam pencemaran lingkungan




3
Siswa secara jelas menerangkan sumber-sumber bahan pencemar




4
Siswa secara jelas menerangkan akibat dari pecemaran lingkungan




5
Siswa memberikan penjelasan yang benar tentang bagaimana upaya pencegahan pencegahan pencemaran lingkungan





Presentasi




6
Siswa berbicara secara jelas dan pelan selama presentasi.





7
Siswa mempresentasikan dengan penuh percaya diri.





8
Siswa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




9
Siswa menjawab pertanyaan dan memberikan solusi yang tepat.




10
Slide terorganisir dengan baik dan memberikan informasi akurat.




11
Layout slide menarik dan mendukung isi




12
Tambahan suara/gambar/video yang sesuai dengan isi





Penulisan




13
Siswa menulis kalimat secara lengkap.




14
Siswa menyertakan huruf besar dan tanda baca secara tepat.




15
Siswa menggunakan paling tidak 2 sumber untuk mencari informasi.




16
Siswa menyertakan daftar pustaka




 RUBRIK PENILAIAN POSTER
No. / Nama kelompok : ……………………………………………………….

4
3
2
1
Nilai
Isi
Isi poster memuat secara lengkap dan jelas tentang hasil penelitian, gagasan-gagasan kreatif, ide-ide cemerlang, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan
Isi poster memuat hasil penelitian, gagasan-gagasan kreatif, ide-ide cemerlang, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan
Isi poster memuat hasil penelitian, gagasan-gagasan, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan
Isi poster tidak lengkap hanya memuat hasil penelitian, tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan

Bahasa
Poster memiliki bahasa yang menarik, motivatif, inspiratif, dan mudah dipahami oleh pembaca
Poster memiliki bahasa yang menarik, motivatif, dan mudah dipahami oleh pembaca
Poster memiliki bahasa yang mudahdipahami oleh pembaca
Poster menggunakan bahasa wajar/biasa, sulit dipahami oleh pembaca

Layout
Poster mempunyai tata letak yang tepat, menarik,kreatif, tidak ada kesalahan ejaan penulisan dan tidak membosankan
Poster mempunyai tata letak yang tepat, menarik, tidak ada kesalahan ejaan penulisan dan tidak membosankan
Poster mempunyai tata letak yang tepat, tidak ada kesalahan ejaan penulisan dan tidak membosankan
Poster mempunyai tata letak yang kurang tepat, banyak kesalahan ejaan penulisan dan membosankan

Ilustrasi
Poster mempunyai gambar ilustrasi yang tepat dengan isi/konteks, menarik.
Poster mempunyai gambar ilustrasi yang tepat dengan isi/konteks, kurang menarik.
Poster mempunyai gambar ilustrasi yang kurang tepat dengan isi/konteks, menarik.
Poster mempunyai gambar ilustrasi yang kurang tepat dengan isi/konteks, kurang menarik.

 RUBRIK PENILAIAN MEDIA POWER POINT
No. / Nama kelompok : …………………………………………………….

4
3
2
1
Nilai
Isi
Isi power point memuat secara lengkap dan jelas tentang hasil penelitian, gagasan-gagasan kreatif, ide-ide cemerlang, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan
Isi power point memuat hasil penelitian, gagasan-gagasan kreatif, ide-ide cemerlang, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan
Isi power point memuat hasil penelitian, gagasan-gagasan, pendapat tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan
Isi power point tidak lengkap hanya memuat hasil penelitian, tentang upaya-upaya mengatasi pencemaran lingkungan

Bahasa
Power point memiliki bahasa yang menarik, motivatif, inspiratif, dan mudah dipahami oleh pembaca
Power point memiliki bahasa yang menarik, motivatif, dan mudah dipahami oleh pembaca
Power point memiliki bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca
Power point menggunakan bahasa wajar/biasa, sulit dipahami oleh pembaca

Layout
Power point mempunyai tata letak yang tepat, menarik, kreatif, tidak ada kesalahan penulisan ejaan dan tidak membosankan
Power point mempunyai tata letak yang tepat, menarik, tidak ada kesalahan penulisan ejaan  dan tidak membosankan
Power point mempunyai tata letak yang tepat, tidak ada kesalahan penulisan ejaan  dan tidak membosankan
Power point mempunyai tata letak yang kurang tepat, banyak kesalahan penulisan ejaan  dan membosankan

Ilustrasi
Power point mempunyai gambar ilustrasi yang tepat dengan isi/konteks, menarik.
Power point mempunyai gambar ilustrasi yang tepat dengan isi/konteks, kurang menarik.
Power point mempunyai gambar ilustrasi yang kurang tepat dengan isi/konteks, menarik.
Power point mempunyai gambar ilustrasi yang kurang tepat dengan isi/konteks, kurang menarik.


  











Tidak ada komentar:

Posting Komentar