Rabu, 25 April 2012

Unit Plan


Unit Pengarang
Nama Awal dan Akhir
Biologi  Padmi dan Ery
Daerah Sekolah
Kecamatan Sleman
Nama Sekolah
SMP Negeri 1 Sleman
Kota Sekolah, Provinsi
Sleman, DIY
Tinjauan Unit
Judul Unit
Pencemaran lingkungan???? Uiiiiiiiih mengerikan dech !
Ringkasan Unit
       Setiap hari manusia membuang sampah, baik itu sampah hasil metabolisme tubuh maupun sampah rumah tangga. Dapat kalian prediksi, berapa kilogram sampah yang dibuang dalam satu harinya oleh setiap rumah tangga.  Dengan bertambahnya jumlah  populasi manusia di muka bumi ini, maka  akan menambah jumlah sampah yang dibuang. Misalnya di pinggir-pinggir jalan, di sekitar pasar , Di dekat sekolah kita misalnya, di sekitar pasar Sleman, banyak tumpukan sampah yang menyebabkan pencemaran lingkungan bagi masyarakat yang berdomisili di daerah tersebut. Melalui pembelajaran berbasis proyek ini diharapkan siswa kelas VII SMPN 1 Sleman dapat memberikan solusi bagaimana cara mengatasi pencemaran lingkungan di daerah tersebut.
        Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa melakukan pengumpulan data dengan metode observasi di lingkungan tersebut, wawancara, studi kepustakaan,  catatan lapangan. Wawancara dilakukan terhadap pedagang pasar, masyarakat sekitar pasar, konsumen atau pembeli, dan Dinas Pekerjaan Umum khususnya bidang kebersihan. Wawancara dilakukan oleh siswa, sesuai dengan peran siswa masing-masing. Studi kepustakaan untuk mencari  pengetahuan yang bertalian dengan pencemaran. Catatan lapangan untuk mencatat hal-hal yang ditemukan selama melakukan observasi yang belum terekam pada lembar observasi. Untuk observasi siswa menggunakan lembar observasi. Wawancara menggunakan  pedoman wawancara.
        Hasil dari pengumpulan data dianalisis, didiskusikan dan dipresentasikan dalam bentuk power point, serta diabadikan dalam bentuk poster atau video atau baliho. Hasil dari semua kegiatan siswa dikumpulkan dalam file portofolio. Poster akan ditempelkan pada dinding laboratorium biologi. Guru memberikan penilaian, penguatan dan penghargaan. Penilaian meliputi presentasi, produk atau hasil. Presentasi siswa akan diabadikan dalam bentuk foto serta ditempel pada dinding.
Mata Pelajaran
Biologi
Kelas
VII / 2
Perkiraan Waktu yang Dibutuhkan
8 jam pelajaran  (4 x pertemuan : 2 x Tatap Muka dan 2 X Pengasan Terstruktur)  
  • pertemuan I diskusi hasil pengumpulan data (2 x 40’)
  • pertemuan II presentasi ( 2 x 40’ )
Dasar unit
Standar dan tolak Ukur Isi yang Ditargetkan
SK. 7.   Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
KD. 7.4.Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan  lingkungan
Indikator materi :
·         siswa mampu mendifinisikan pencemaran lingkungan
·         siswa mampu membedakan ciri lingkungan asli dengan lingkungan tercemar
·         siswa mampu menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
·         siswa mampu menjelaskan macam bahan polutan
·         siswa mampu memberikan solusi cara mengatasi pencemaran lingkungan
Indikator Tambahan:
·         Siswa mampu mengobservasi lingkungan
·         Siswa mampu mewawancarai informan
·         Siswa mampu membuat power point
·         Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatannya
·         Siswa mampu membuat poster
·         Siswa mampu menggunakan tehnologi komunikasi
Tujuan Siswa/Hasil Pembelajaran
·         Menyebutkan upaya-upaya/solusi dalam mengatasi pencemaran lingkungan.
·         Menyebutkan macam-macam pencemaran
·         Menyebutkan sumber-sumber pencemaran
·         Melakukan pengamatan, diskusi, dan wawancara
·         Dapat bekerjasama dalam kelompok
·         Dapat mempresentasikan hasil kerja
·         Membuat power point tentang pencemaran lingkungan
·         Memiliki sifat bertanggungjawab terhadap lingkungan
·         Dapat mempublikasikan hasil kerja melalui poster
Pertanyaan-Pertanyaan yang Berkaitan dengan Lingkup Kurikulum
  Pertanyan Mendasar
Bagaimana supaya kita bisa hidup sehat

  Pertanyaan Unit
·         Mengapa kita perlu menjaga kebersihan ?
·         Bagaimana cara menjaga kebersihan ?

  Pertanyaan Isi
·         Apa yang dimaksud dengan pencemaran?
·         Apa ciri dari lingkungan yang tercemar?
·         Apa akibat dari lingkungan yang tercemar ?
·         Sebutkan bahan yang dapat menjadi polutan ?

Rencana Penilaian
Waktu Penilaian
Sebelum Proyek Dimulai
Siswa Bekerja pada Proyek dan Menyelesaikan Tugas
Setelah Proyek Selesai



·  Brainstorming
·  K-W-H-L untuk menaksir kebutuhan siswa
·  Checklist kesiapan siswa
·   Checklist persiapan
·  Melakukan observasi
·  Wawancara


·  Menyiapkan media power point
·  Menyiapkan poster
·   Checklist observasi
·   Checklist wawancara

·   Checklist

·   Checklist
·    Melaporkan hasil observasi dan wawancara
·    Presentasi
·    Poster
·      Rubrik



·      Rubrik
·      Rubrik






Ringkasan Penilaian

Penilaian yang digunakan dalam proyek ini adalah:

1.    Penilaian awal:
·         Melakukan brainstorming untuk mengukur pemahaman siswa tentang pencemaran lingkungan
·         Melakukan pengecekan persiapan siswa dengan menggunakan daftar cek/ceklist

2.    Penilaian sementara :
·         Rubrik pengamatan/observasi untuk mengamati kerja sama dalam kelompok, keaktifan siswa, ketelitian.
·         Rubrik wawancara, untuk mengamati etika wawancara, daftar pertanyaan wawancara

3.    Penilaian akhir :
·                     Rubrik presentasi digunakan untuk menilai produk berupa presentasi
·                     Rubrik poster digunakan untuk menilai poster hasil proyek siswa


Rincian Unit
Prasyarat Kecakapan

·         Melalui brainstorming, guru membagi  kelompok kerja dengan mempertimbangkan kemampuan siswa dalam hal kemampuan menggunakan tehnologi,kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengungkapkan ide dan kemampuan untuk berbicara/presentasi



Prosedur Pengajaran

Langkah-langkah Kegiatan
§  Penugasan Terstruktur /PT (2 X 40’)
F  Peserta didik melakukan studi pustaka tentang pengertian pencemaran, macam-macam pencemaran, dan cara penanggulangannya.

§  Pertemuan pertama (2 X 40’): Tatap Muka
F  Brainstorming
F  Siswa mendengarkan presentasi guru tentang PBL
F  Membagi kelompok menjadi 6 kelompok.
F  Menyusun jadwal pengamatan dan wawancara.
F  Menyiapkan instrumen dengan bimbingan guru.

§  Penugasan Terstruktur /PT (2 x 40’)
F  Peserta didik mengobservasi dan melakukan wawancara di lingkungan sekitar pasar.
F  Peserta didik membuat power point dan poster untuk persiapan presentasi.

§  Pertemuan kedua (2 X 40’): Tatap Muka
F  Peserta didik mempresentasikan hasil proyeknya.
F  Peserta didik beserta guru memberikan interaksi (respon).
F  Peserta didik mempublikasikan posternya di lingkungan sekolah.

Mengakomodasi Pembelajaran yang Berbeda
Kebutuhan Khusus Siswa
Bagi siswa yang berkebutuhan khusus, guru dan teman melakukan pendampingan lebih dalam melakukan observasi, wawancara, dan presentasi

Bukan Pemakai Bahasa Asli
Menggunakan bahasa indonesia
Siswa berbakat
Guru memberikan kesempatan kepada siswa berbakat untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya dengan bimbingan guru




Bahan-bahan dan Sumberdaya yang dibutuhkan untuk unit
Teknologi - Perangkat Keras

Perangkat keras yang dibutuhkan :

  • Alat perekam
  • Kamera digital
  • Laptop
  • LCD
  • Koneksi internet
Teknologi – Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang dibutuhkan :

  • MS power point
  • Situs internet
Materi Cetak
BSE
Nurhayati, Nunung, IPA Biologi untuk kelas VII, Jakarta : Yrama Widya, 2007
Suyitno, Biology for Grade VII, Jakarta : Erlangga, 2007
Persediaan
Alat tulis
Sumberdaya Internet

Sumberdaya Lainnya
Daerah sekitar Pasar Sleman
Pedagang pasar
Dinas Pekerjaan Umum Bidang Kebersihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar