Unit Pengarang
|
||||||||||||||||||||||||||||
Nama Awal dan Akhir
|
Biologi
Padmi dan Ery
|
|||||||||||||||||||||||||||
Daerah Sekolah
|
Kecamatan Sleman
|
|||||||||||||||||||||||||||
Nama Sekolah
|
SMP Negeri 1 Sleman
|
|||||||||||||||||||||||||||
Kota Sekolah, Provinsi
|
Sleman, DIY
|
|||||||||||||||||||||||||||
Tinjauan Unit
|
||||||||||||||||||||||||||||
Judul Unit
|
||||||||||||||||||||||||||||
Pencemaran lingkungan????
Uiiiiiiiih mengerikan dech !
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ringkasan Unit
|
||||||||||||||||||||||||||||
Setiap hari manusia membuang sampah,
baik itu sampah hasil metabolisme tubuh maupun sampah rumah tangga. Dapat
kalian prediksi, berapa kilogram sampah yang dibuang dalam satu harinya oleh
setiap rumah tangga. Dengan
bertambahnya jumlah populasi manusia
di muka bumi ini, maka akan menambah
jumlah sampah yang dibuang. Misalnya di pinggir-pinggir jalan, di sekitar
pasar , Di dekat sekolah kita misalnya, di sekitar pasar Sleman, banyak
tumpukan sampah yang menyebabkan pencemaran lingkungan bagi masyarakat yang
berdomisili di daerah tersebut. Melalui pembelajaran berbasis proyek ini
diharapkan siswa kelas VII SMPN 1 Sleman dapat memberikan solusi bagaimana
cara mengatasi pencemaran lingkungan di daerah tersebut.
Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa
melakukan pengumpulan data dengan metode observasi di lingkungan tersebut,
wawancara, studi kepustakaan, catatan
lapangan. Wawancara dilakukan terhadap pedagang pasar, masyarakat sekitar
pasar, konsumen atau pembeli, dan Dinas Pekerjaan Umum khususnya bidang
kebersihan. Wawancara dilakukan oleh siswa, sesuai dengan peran siswa
masing-masing. Studi kepustakaan untuk mencari pengetahuan yang bertalian dengan pencemaran.
Catatan lapangan untuk mencatat hal-hal yang ditemukan selama melakukan observasi
yang belum terekam pada lembar observasi. Untuk observasi siswa menggunakan
lembar observasi. Wawancara menggunakan
pedoman wawancara.
Hasil dari pengumpulan data
dianalisis, didiskusikan dan dipresentasikan dalam bentuk power point, serta
diabadikan dalam bentuk poster atau video atau baliho. Hasil dari semua
kegiatan siswa dikumpulkan dalam file portofolio. Poster akan ditempelkan
pada dinding laboratorium biologi. Guru memberikan penilaian, penguatan dan
penghargaan. Penilaian meliputi presentasi, produk atau hasil. Presentasi
siswa akan diabadikan dalam bentuk foto serta ditempel pada dinding.
|
||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||
Biologi
|
||||||||||||||||||||||||||||
Kelas
|
||||||||||||||||||||||||||||
VII / 2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Perkiraan Waktu yang Dibutuhkan
|
||||||||||||||||||||||||||||
8 jam pelajaran (4 x pertemuan : 2 x Tatap Muka dan 2 X Pengasan
Terstruktur)
|
||||||||||||||||||||||||||||
Dasar unit
|
||||||||||||||||||||||||||||
Standar dan tolak Ukur Isi yang Ditargetkan
|
||||||||||||||||||||||||||||
SK. 7. Memahami saling ketergantungan dalam
ekosistem.
KD. 7.4.Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk
mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan
Indikator materi :
·
siswa mampu mendifinisikan pencemaran lingkungan
·
siswa mampu membedakan ciri lingkungan asli dengan lingkungan tercemar
·
siswa mampu menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
·
siswa mampu menjelaskan macam bahan polutan
·
siswa mampu memberikan solusi cara mengatasi pencemaran lingkungan
Indikator Tambahan:
·
Siswa mampu mengobservasi lingkungan
·
Siswa mampu mewawancarai informan
·
Siswa mampu membuat power point
·
Siswa mampu mempresentasikan hasil kegiatannya
·
Siswa mampu membuat poster
·
Siswa mampu menggunakan tehnologi komunikasi
|
||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan Siswa/Hasil Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||
·
Menyebutkan upaya-upaya/solusi dalam mengatasi pencemaran lingkungan.
·
Menyebutkan macam-macam pencemaran
·
Menyebutkan sumber-sumber pencemaran
·
Melakukan pengamatan, diskusi, dan wawancara
·
Dapat bekerjasama dalam kelompok
·
Dapat mempresentasikan hasil kerja
·
Membuat power point tentang pencemaran lingkungan
·
Memiliki sifat bertanggungjawab terhadap lingkungan
·
Dapat mempublikasikan hasil kerja melalui poster
|
||||||||||||||||||||||||||||
Pertanyaan-Pertanyaan yang Berkaitan dengan
Lingkup Kurikulum
|
||||||||||||||||||||||||||||
Pertanyan Mendasar
|
Bagaimana supaya kita bisa hidup sehat
|
|||||||||||||||||||||||||||
Pertanyaan Unit
|
·
Mengapa kita perlu menjaga kebersihan ?
·
Bagaimana cara menjaga kebersihan ?
|
|||||||||||||||||||||||||||
Pertanyaan Isi
|
·
Apa yang dimaksud
dengan pencemaran?
·
Apa ciri dari
lingkungan yang tercemar?
·
Apa akibat dari
lingkungan yang tercemar ?
·
Sebutkan bahan yang
dapat menjadi polutan ?
|
|||||||||||||||||||||||||||
Rencana
Penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||||
Waktu Penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ringkasan Penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||||
Penilaian yang digunakan dalam proyek ini adalah:
1.
Penilaian awal:
·
Melakukan brainstorming untuk mengukur pemahaman siswa tentang pencemaran
lingkungan
·
Melakukan pengecekan persiapan siswa dengan menggunakan daftar
cek/ceklist
2.
Penilaian sementara :
·
Rubrik pengamatan/observasi untuk mengamati kerja sama dalam kelompok,
keaktifan siswa, ketelitian.
·
Rubrik wawancara, untuk mengamati etika wawancara, daftar pertanyaan
wawancara
3.
Penilaian akhir :
·
Rubrik presentasi digunakan untuk menilai produk berupa presentasi
·
Rubrik poster digunakan untuk menilai poster hasil proyek siswa
|
||||||||||||||||||||||||||||
Rincian Unit
|
||||||||||||||||||||||||||||
Prasyarat
Kecakapan
|
||||||||||||||||||||||||||||
·
Melalui
brainstorming, guru membagi kelompok
kerja dengan mempertimbangkan kemampuan siswa dalam hal kemampuan menggunakan
tehnologi,kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengungkapkan ide dan kemampuan
untuk berbicara/presentasi
|
||||||||||||||||||||||||||||
Prosedur Pengajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||
Langkah-langkah
Kegiatan
§ Penugasan Terstruktur /PT (2 X 40’)
F Peserta didik melakukan studi pustaka tentang
pengertian pencemaran, macam-macam pencemaran, dan cara penanggulangannya.
§ Pertemuan pertama (2 X 40’): Tatap Muka
F
Brainstorming
F
Siswa mendengarkan presentasi guru tentang PBL
F
Membagi kelompok menjadi 6 kelompok.
F
Menyusun jadwal pengamatan dan wawancara.
F
Menyiapkan instrumen dengan bimbingan guru.
§ Penugasan Terstruktur /PT (2 x 40’)
F Peserta didik mengobservasi dan melakukan wawancara di
lingkungan sekitar pasar.
F Peserta didik membuat power point dan poster untuk
persiapan presentasi.
§ Pertemuan kedua (2 X 40’): Tatap Muka
F Peserta didik mempresentasikan hasil proyeknya.
F Peserta didik beserta guru memberikan interaksi (respon).
F Peserta didik mempublikasikan posternya di lingkungan
sekolah.
|
||||||||||||||||||||||||||||
Mengakomodasi Pembelajaran yang Berbeda
|
||||||||||||||||||||||||||||
Kebutuhan Khusus Siswa
|
Bagi siswa yang berkebutuhan khusus, guru
dan teman melakukan pendampingan lebih dalam melakukan observasi, wawancara,
dan presentasi
|
|||||||||||||||||||||||||||
Bukan Pemakai Bahasa
Asli
|
Menggunakan bahasa indonesia
|
|||||||||||||||||||||||||||
Siswa berbakat
|
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
berbakat untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya dengan bimbingan
guru
|
|||||||||||||||||||||||||||
Bahan-bahan dan
Sumberdaya yang dibutuhkan untuk unit
|
||||||||||||||||||||||||||||
Teknologi -
Perangkat Keras
|
||||||||||||||||||||||||||||
Perangkat keras yang dibutuhkan :
|
||||||||||||||||||||||||||||
Teknologi – Perangkat
Lunak
|
||||||||||||||||||||||||||||
Perangkat lunak yang dibutuhkan :
|
||||||||||||||||||||||||||||
Materi Cetak
|
BSE
Nurhayati, Nunung, IPA Biologi
untuk kelas VII, Jakarta : Yrama Widya, 2007
Suyitno, Biology for Grade VII,
Jakarta : Erlangga, 2007
|
|||||||||||||||||||||||||||
Persediaan
|
Alat tulis
|
|||||||||||||||||||||||||||
Sumberdaya Internet
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Sumberdaya Lainnya
|
Daerah sekitar Pasar Sleman
Pedagang pasar
Dinas Pekerjaan Umum Bidang Kebersihan
|
Rabu, 25 April 2012
Unit Plan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar